SELAMAT DATANG DI BLOG PNPM MANDIRI PERDESAAN KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR PROVINSI JAMBI ---o000o PNPM-MPd o000o--- LAPOR JIKA ANDA MELIHAT PEMBANGUNAN / PELAKSANAAN PNPM MANDIRI PERDESAAN TIDAK BERES SMS KE 0852 6945 5754 - 0813 6613 0160 - 0852 6678 7751

Senin, 10 September 2012

Mengapa Desa Perlu Kader Tekhnis

Pembangunan sarana prasarana perdesaan yang berbasis pemberdayaan masyarakat terutama melalui PNPM Mandiri Perdesaan merupakan upaya untuk menunjang peningkatan kualitas infrastruktur dasar. Upaya tersebut dilaksanakan untuk mendorong kemandirian masyarakat perdesaan. dengan melihat pelaksanaan pembangunan infrastruktur dasar yang dilaksanakan selama ini melalui PNPM Mandiri Perdesaan memerlukan dukungan dari sisi kemampuan masyarakat dalam merencanakan, mengelola, dan melestarikan hasil kegiatan terutama di kegiatan fisik.

Untuk menunjang kemampuan masyarakat dalam pembangunan infrastruktur perdesaan perlu diperkuat dengan adanya Kader Teknik dimasing-masing desa. Langkah yang dilakukan melaiui PNPM Mandiri Perdesaan merupakan upaya untuk mewujudkan desa yang memiliki kemampuan sendiri dalam mengelola kegiatan pembangunan terutama kegiatan infrastruktur dasar di desa. Dengan adanya kemandirian Kader Teknik, masyarakat desa harus menemukan strategi pembangunannya sendiri, dengan pola pembangunan desa yang berorientasi  pada kebutuhan masyarakat desa. Untuk mendukung Kemandirian dan otonomi desa, desa juga harus mampu mengambil keputusan yang tepat dibidang teknik, artinya dalam aspek teknik, desa harus dapat mengidentifikasi, merencanakan, melaksanakan serta melestarikan sarana prasaran desa secara mandiri dan berkualitas. Sesuai dengan azas pembangunan dalam Pemberdayaan Masyarakat yaitu “DOUM” dari, oleh, dan untuk masyarakat.

Desa yang merencanakan, melaksanakan dan memanfaatkan hasil pembangunan itu sendiri, sehingga masyarakat desa memang betul-betul merasa memiliki dan mempunyai peran penting dalam pembangunan dengan demikian semua bangunan yang telah dilaksanakan dapat dipelihara dengan baik. Untuk mewujudkan strategi pembangunan tersebut, maka masing-masing desa perlu Kader Teknis Desa untuk memfasilitasi masyarakat :

Tahap Perencanaan Pada tahap perencanaan ini usulan kegiatan betul-betul bisa menjawab kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat desa dengan mempertimbangkan potensi dan kemampuan masyarakat.

Penyusunan Desain dan RAB Dalam penyusunan Desain dan RAB peran Kader Teknis Desa sangat penting sekali, supaya kegiatan yang direncanakan mutu dan kwalitasnya bisa terjamin dan hasil kegiatan dimanfaatkan secara maksimal, Sebagaimana kita ketahui selama ini bahwa Fasilitator Teknik Kecamatan bukanlah orang penduduk setempat sehingga ada keraguan dari pihak lain bahwa desain tidak mempertimbangkan struktur dan karakteristik lokasi kegiatan, untuk menjawab ini semua perlunya penyiapan Kader Teknis Desa dalam membuat desain, menyusun RAB dengan harga satuan sesuai dengan lokasi kegiatan

Pelaksanaan Kegiatan Pada pelaksanaan kegiatan peran Kader Teknis mampu mengimplementasikan hasil desain kedalam bentuk jadi dilapangan, bisa mengawasi dan sebagai tempat koordinasi bagi TPK (Tim Pengelola Kegiatan) desa dalam melaksanakan kegiatan pembangunan mulai dari penyiapan dan penertiban Administrasi serta pelaporan.

Pelestarian dan pemeliharaan.Tahap pelestarian dan pemeliharaan kegiatan sangatlah penting dalam proses pembangunan, karena mulai dari perencanaan dan pelaksanaan kegiatan yang memfasilitasi Kader Teknis Desa, maka diharapkan juga mampu mengidentifikasi kegiatan-kegiatan untuk pemeliharaan.

Kedepannya harapan pemerintah melalui PNPM-Mandiri Perdesaan bahwa Peran Fasilitator Teknik baik Kecamatan maupun Kabupaten adalah sebagai narasumber dalam memberikan kaidah-kaidah hukum teknis dan spesifikasi teknik.

(Alfian) FT KAB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan membuat komentar apa saja sepanjang masih dalam batas kewajaran

Berita Populer